Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for December, 2010


Ayo..Menjadi Lebih Baik di Tahun 2011

hidup duniaSebentar lagi, kita akan mengakhiri tahun 2010 dan menyongsong tahun 2011. Meninggalkan segenap perbuatan yang telah diperbuat dengan sejuta harapan dan permasalahan. Kadang  memberi warna positif , kadang memberi warna negatif.  Seorang muslim yang jujur dengan komitmen keislamannya, hendaknya dari waktu ke waktu berusaha meningkatkan derajat (value) dirinya, terutama dalam keimanan dan ketaqwaan. Hari esok harus lebih baik dari sekarang dan masa lalu.

(more…)

Saatnya Introspeksi Diri di Akhir Tahun 2010

visi muslimSaat ini kita berada di penghujung tahun Masehi 2010 dan awal tahun Hijriah 1432. Kondisi ini sangatlah cocok sebagai momentum introspeksi diri (muhasabah). Tujuannya, untuk mengukur seberapa sukses karya yang telah kita lakukan selama satu tahun ke belakang. Apakah kinerja kita menuju kemajuan atau malah sebaliknya menuju kemunduran. Berdasarkan evaluasi ini, kita tentukan langkah apa yang akan diperbuat di masa mendatang, baik dalam jangka tahunan, bulanan, mingguan, atau harian.

Al-Quran telah memberikan sinyal tentang pentingnya proses introspeksi ini, sebagaimana tersurat dalam QS Al-Hasyr 18-19;

(more…)

Wasiat Rosul Tentang Taqwa, Taubat dan Akhlaq Baik

islam terbaik1Ada satu hadits Nabi yang cukup masyhur dan sering kita dengar, berisikan wasiat beliau kepada umatnya, yakni sebagai berikut:

” Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Iringkanlah perbuatan jahat itu dengan perbuatan baik, mudah-mudahan yang baik itu akan memadam yang jahat. Dan bergaullah kepada manusia dengan akhlaq yang bagus. “

(more…)

Membangun Rumah Syari’ah sebagai Surga Dunia

nasehatislam3Perkembangan ekonomi berbasis syariah, khususnya di Indonesia, dewasa ini cukup menggembirakan. Banyak bank syariah, asuransi syariah, investasi syariah bahkan hotel syariah lahir dan tumbuh dengan kinerja yang tidak kalah dibandingkan konvensional. Ini menunjukkan bahwa ekonomi syariah dapat diterima masyarakat Indonesia, tidak hanya umat islam namun juga non-Islam. Bahkan, komunitas masyarakat Eropa, Amerika dan Jepang pun, berlomba-lomba ikut dalam pencaturan ekonomi syariah. Fenomena ini tentu sangat menggembirakan, dan bisa menjadi bahan acuan (benchmarking) bagaimana mensosialisasikan nilai-nilai islam (syariah) lainnya hingga bisa diterima masyarakat luas.

(more…)