Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for August, 2009


Madrasah Romadhan

madrasah romadhanKita sedang berada di bulan romadhan mubarok, bulan yang penuh barkah dari awal hingga akhir. Ibadah shaum yang dijalani di bulan romadhan ini, merupakan ibadah besar yang menjadi rukun islam dan bangunan islam. Kita harus benar-benar melaluinya seperti halnya menjalani pendidikan di sebuah madrasah / sekolah. Setidaknya ada 4 madrasah yang harus dijalani dalam melakukan shoum ini, yakni sebagai berikut:

(more…)

Jadikan Ramadhan Sebagai Rahmat, Bukan Laknat

heart-04Bulan romadhan memang bulan penuh rahmat dan berkah. Betapa tidak, kalau di luar romadhan sangat sulit makan bersama antara orang miskin dan kaya, namun di bulan romadhan bisa terjadi. Di luar Romadhan seorang ayah sulit makan bersama dengan anak dan istri karena tuntutan pekerjaan, namun di bulan romadhan bisa terjadi. Inilah salah satu rahmat dan berkah romadhan.

(more…)

Berlombalah untuk Kehidupan Akhirat

akhiratSaat berbicara Romadhan ada dua ciri khas yang selalu nabi Muhammad saw gambarkan kepada kita yaitu perkara kehidupan akhirat dan perkara yang ghaib. Dalam sebuah hadits yang masyhur, rosulullloh mengatakan bahwa “Bilamana tiba malam pertama Romadhan, syetan (jin) dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga terbuka”. Pertanyaan lebih lanjut kenapa Romadhan selalu dikaitkan dengan perkara kehidupan akhirat dan ghaib?

(more…)

Jangan Sia-Siakan Romadhan

sia-siaRomadhan merupakan rahmat yang diberikan Alloh kepada umat nabi muhammad saw. Pegangan kita yang utama yakni Al-Quran diturunkan di dalam bulan romadhan. Romadhan adalah bulan yang agung, disediakan pahala yang luar biasa di dalamnya. Barangsiapa yang mengerjakan hal yang wajib, maka ia akan dilipatgandakan menjadi 70 kali pahala, dan barangsiapa yang mengerjakan ibadah sunnah, maka pahalanya seperti pahala wajib.

(more…)

Saatnya Berubah…

berubahSuatu hari saat rosululloh memberikan tausiyah di depan umatnya, tiba-tiba beliau mengatakan amin, amin, amin. Setelah selesai memberi tausiyah, salah seorang sahabat bertanya, “Wahai rosul kenapa tadi mengatakan amin sampai tiga kali?”. Rosul menjawab, tadi itu Jibril datang dan menyampaikan amanat. Salah satu amanat itu ialah  Jibril berdo’a, “Celakalah orang yang bertemu dengan Romadhan, dan dia tidak mendapatkan ampunan”. Lantas rosul mengamininya.

(more…)

Pertemuan Dua Cahaya

cahayaDalam Al-Quran QS Al-Baqoroh 185 dijelaskan bahwa di bulan romadhan ini, Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Kalau kita cermati, ada kombinasi unik dari peristiwa ini, kenapa Al-Quran diturunkan di bulan romadhan? Bukan di bulan lainnya?

Para ahli tafsir menerangkan bahwa peristiwa ini merupakan perpaduan dua cahaya, yakni cahaya Romadhan dan cahaya Al-Quran. Diturunkannya Al-Quran yang agung dan suci membutuhkan dimensi ruang yang suci yakni romadhon. Romadhan bagaikan lorong waktu, yang padanya setiap kebaikan dilipat gandakan nilainya. Siapa yang berhasil mengikuti lorong waktu itu, maka ia akan mencapai derajat taqwa.

(more…)

Apa Makna Kemerdekaan yang Sesungguhnya?

merdekaDi tengah semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, mari kita merenung sejenak untuk memahami makna kemerdekaan yang sesungguhnya bagi seorang muslim. Kita tentunya sering mendengar istilah yang terkait dengan kemerdekaan atau kebebasan misalnya “Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa”, “Manusia memiliki hak dasar hidup yang sama”, “Kebebasaan seseorang dibatasi oleh kebebasan orang lain”, dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya makna kemerdekaan itu, benarkah kita memiliki kemerdekan? 

(more…)

Cintailah Mesjid…

masjid2Dalam QS At-Taubah 107, Alloh SWT berfirman:

“Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan mesjid untuk menimbulkan kemudaratan (pada orang-orang mukmin), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu.  Mereka sesungguhnya bersumpah: “Kami tidak menghendaki selain kebaikan.” Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya)”.

Ayat ini menjelaskan rencana dan taktik orang-orang munafik pada zaman nabi. Mereka mendirikan mesjid yang bertujuan untuk menimbulkan mudharat dan memecah belah umat islam. Mesjid ini dibangun atas inisiatif seorang pendeta sebagai lambang kekuatan munafik untuk menghancurkan kaum muslim. Mereka menawarkan kepada nabi agar melaksanakan shalat di mesjid itu. Namun dengan wahyu Alloh SWT, nabi dilarang untuk melaksanakan shalat di mesjid itu,sebagaimana terdapat dalam ayat berikutnya:

(more…)

Cerita Tentang Kesabaran

sabarBicara tentang kesabaran penulis teringat pada sebuah cerita yang sering di dengar dalam beberapa pengajian atau ceramah sejak kecil. Cerita ini diambil dari sebuah hadits nabi yang shoheh, berbicara mengenai kesabaran seorang perempuan yang hidup di zaman nabi bernama Ummu Sulaim.

Konon di zaman itu, hidup suami istri dalam keluarga yang bahagia. Sang suami bernama Abu Thalhah, sementara sang istri bernama Ummu Sulaim. Keluarga ini baru saja dikaruniani satu orang anak yang bernama Abu Umair. Ibu dan bapak mana yang tidak sayang dan cinta pada anak satu-satunya. Abu Thalhah bekerja sebagai pedagang yang selalu pulang larut malam. Saat bekerja, ia selalu mengenang anaknya. Kalau dilihat ada makanan atau mainan, pasti ia membeli untuk anak tercintanya itu.  

(more…)

Tuntunan Akhlaq Islam

akhlaq islamiAlloh SWT berfirman dalam QS Az-zariyat ayat 56, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-ku“.

Para ahli tafsir menerangkan ayat di atas bahwa kunci utama proses menyembah atau beribadah kepada Alloh terletak pada kekuatan tauhid. Kalau seseorang tidak memiliki tauhid yang murni maka semua ibadah yang dilakukannya akan ditolak oleh Alloh SWT.

Agar kita memiliki tauhid yang kuat, maka kita harus memiliki iman yang kuat, dan iman yang kuat harus ditopang oleh ilmu yang kuat. Saat kita telah memiliki ilmu, maka harus dimanifestasikan dalam bentuk amal yang baik (akhlaqul karimah). Jadi iman, ilmu dan amal haruslah menjadi suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia yang baik ialah yang paling baik akhlaknya, baik akhlaq terhadap Alloh maupun akhlaq terhadap sesama manusia.

(more…)