Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for June, 2009


Carilah Rizki dengan Jalan yang Halal

halalAlloh SWT  memberi kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal sholeh bahwa ia akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan ganjaran yang lebih baik di akhirat, sebagaimana tertuang dalam QS An-Nahl 97:
” Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan  Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.
Sejumlah ahli tafsir menjelaskan bahwa kehidupan yang baik itu adalah mendapatkan rizki yang halal dan baik, atau hidup merasa cukup dengan rizki yang ada.  Sementara Ibnu Abbas menafsirkan yakni kebahagiaan hidup dengan rizki halal dan baik serta  merasa kenikmatan dalam beribadah. Hal ini berbeda dengan orang kafir, dimana amal baik yang dilakukannya hanya akan mendapatkan pahala di dunia saja,  sedangkan di akhirat kelak dia tidak mendapatkannya.
Terkait dengan rizki, menjadi keyakinan bagi kita sebagai orang yang beriman, bahwa sesungguhnya  rizki setiap makhluk sudah ditentukan oleh Alloh SWT, sehingga tidak ada yang mampu menahannya. Alloh SWT telah menetapkan taqdir termasuk rizki setiap hambanya 50 ribu tahun sebelum alam semesta ditetapkan. Pada bulan ke-4 dalam kandungan,  Alloh SWT memerintahkan malaikat untuk menentukan 4 hal kepada setiap manusia, termasuk salah satunya adalah rizki.
Alangkah buruknya bagi kita, jika dalam mencari rizki dilalui dengan jalan yang dimurkai Alloh SWT, syirik dan maksiat. Nabi Muhammad berpesan dalam haditsnya,  “Wahai manusia, bertaqwalah kepada Alloh SWT dan carilah rizki dengan jalan yang halal, sesungguhnya sesorang tidak akan dimatikan sebelum didapatkan rizkinya”.
Namun, meskipun Alloh SWT telah menetapkan rizki tersebut, tetapi Dia tidak menerangkan ukurannya.  Sehingga menjadi kewajiban bagi kita untuk berlomba-lomba mencari rizki dengan cari baik dan halal, agar mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.
“Dikutip dari Khutbah Jum’at, tgl 24 April 2009, di Mesjid Toyota-Astra Motor”

Pentingnya Aqidah Islam

aqidah islam2Penanaman aqidah islam merupakan strategi kerosulan nabi Muhammad saw dalam pembinaan moral umat manusia. Karena dengan pananaman aqidah yang  benar, seseorang  akan merasa diawasi oleh Alloh SWT  sehingga timbul rasa takut dalam dirinya untuk melakukan larangan-larangan-Nya. Seperti halnya kisah Sahabat Umar Khatab r.a. yang bertanya kepada anak kecil penggembala kambing. Sahabat umar r.a. bertanya, kenapa anda tidak mengambil kambing? bukannya tidak akan diketahui pemiliknya?. Sang anak menjawab, memang benar pemilik kambing ini tidak akan mengetahui jika aku mengambilnya, tetapi Alloh SWT maha mengetahui setiap perbuatan yang aku lakukan. 

(more…)

Sikap Saat Kematian Menimpa Saudara Kita

saat kematianKamatian hakikatnya adalah hiburan bagi orang-orang  yang beriman, karena ia akan pindah dari dunia yang fana kepada alam yang kekal. Jika ada salah satu dari saudara / keluarga kita meninggal, kita diperbolehkan bersedih sesuai dengan sifat kemanusiaan, namun tidak boleh lebih dari 3 hari 3 malam. Selanjutnya diperintahkan pula untuk bersabar dan ridho terhadap ketetapan Alloh SWT serta sikap mengembalikan sesuatu kepada Alloh SWT.

(more…)

Malam Pertama Orang Beriman di Dalam Kubur

malam pertamaNabi Muhammad saw bersabda dalam sebuah hadits: “Mintalah perlindungan Alloh SWT  dari siksa kubur”. Berdasarkan hadits ini, kita bisa mengartikan bahwa sesungguhnya siksaan kubur itu benar-benar ada, dan merupakan rumah pertama (tempat transit), sebelum menuju kehidupan akhirat .
(more…)

Dzikir, Bersyukur, dan Beribadah dengan Baik

Dzikir2Ada banyak ibadah yang menjadi kewajiban seorang muslim dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, salah satu diantaranyanya adalah Dikir, Bersyukur, dan Beribadah dengan baik. Nabi Muhammad saw berpesan kepada para sahabat, “Wahai sahabatku, hendaklah kalian tidak meninggalkan doa  Allohumma a’innii ‘alaa Dzikrika wasyukrika wahusni ‘ibaadatika, Ya Alloh tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu serta beribadah dengan baik”.

(more…)