Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Iman’


Jagalah IMAN selamanya..

Tidak henti-hentinya kita bersyukur kepada Alloh SWT atas karunia yang telah dianugerahkan-Nya. Dialah Alloh yang telah memberikan kita modal software dan hardware untuk mengarungi kehidupan, mulai dari naluri atau insting,  akal dan pikiran, sampai diturunkannya Agama sebagai pedoman setiap manusia.

(more…)

Meneladani Upaya Para Sahabat Menggapai Surga.

Tak ada satupun manusia di dunia ini yang menginginkan kerugian atau kegagalan. Sebaliknya, pasti mendambakan kesuksesan. Dalam Islam, indikator hidup sukses seseorang yang hakiki tidaklah diukur dari harta, pangkat dan kedudukan di dunia, melainkan apakah ia masuk surga atau tidak saat di akhirat kelak. Hal ini tercermin dalam QS Ali Imran 185. “…Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka, dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan”.

(more…)

Meng-Imani Nabi dan Rosul

MuhammadIman kepada nabi dan rosul merupakan bagian dari rukun iman. Seorang muslim wajib mengimani keberadaan nabi dan rosul baik yang namanya disebutkan dalam al-Quran, maupun yang tidak disebutkan. Berdasarkan apa yang yang disebutkan dalam al-Quran, jumlah nabi yang wajib diketahui berjumlah 25. Sementara itu, para ulama tidak sepakat mengenai jumlah pasti nabi dan rosul selain yang disebutkan al-Quran.

(more…)

Perbedaan Iman kepada al-Quran dan Kitab Sebelumnya

al-quran3Dalam agama islam, iman (keyakinan) memiliki posisi yang strategis dan prinsipil. Iman merupakan fondasi atas segala-galanya. Seluruh perbuatan islam harus ditegakkan atas dasar iman. Betapapun baiknya suatu perbuatan, jika dibangun bukan atas dasar iman, maka semua amalan itu akan tertolak di sisi Alloh SWT. Salah satu iman yang harus tertanam dalam diri seorang muslim adalah iman kepada kitab-kitab Alloh. Beriman kepada kitab-kitab Alloh merupakan salah satu kriteria seorang muslim bertaqwa sebagaimana digambarkan dalam bagian awal surat al- Baqoroh.

(more…)

Keimanan dan Produktivitas

produktivitasAlloh SWT berfirman dalam QS At-Taubah 105, “Dan katakanlah, Bekerjalah kamu, maka Alloh akan melihat pekerjaanmu begitu juga Rosul-Nya dan orang-orang mukmin..”.

Makna dari ayat di atas adalah keimanan itu tidaklah cukup hanya dibuktikan oleh keyakinan saja, tetapi yang benar harus dibuktikan dengan amal (bekerja/produktivitas). Tiada keimanan tanpa amal perbuatan. Jadi keimanan itu bukanlah angan-angan belaka, tetapi merupakan sesuatu yang terpatri dalam hati dan dibuktikan dengan amal keseharian. Lebih lanjut lagi, Ayat sebelum QS At-Taubah 105 di atas membicarakan masalah taubat, dan tanda taubat yang benar harus dibuktikan dengan amal.

(more…)