Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Harta Kekayaan’


Cerita Orang Serakah

serakahDiceritakan dalam suatu riwayat di zaman nabi Isa as, ada tiga orang laki-laki memperoleh peta petunjuk harta karun. Ketiga laki-laki ini sangatlah berambisi untuk mendapatkan harta karun, agar menjadi orang kaya.  Lokasi harta karun sangatlah jauh dari tempat tinggal mereka, harus ditempuh melewati lembah, gunung, dan sungai. Dengan niat yang kuat, ketiga orang ini bertekad bahu membahu agar bisa mendapatkan harta karun tersebut.

(more…)

Ciri Profesional Unggul dalam Al-Quran

profesionalSetiap individu dewasa tentu memiliki profesi hidup sesuai kadar keahlian, pengalaman dan latar belakang pendidikan. Dalam menekuni profesi ini tentunya menginginkan kesuksesan, agar memperoleh kehidupan yang lebih baik . Al-Quran sebagai pegangan hidup setiap muslim, memberikan kiat agar menjadi profesional unggul di bidangnya masing-masing. Jaminannya, tidak hanya sukses di dunia namun juga di akhirat.

(more…)

Berhati-Hatilah dengan Korupsi!!

korupsiDikisahkan dalam sebuah riwayat,  Abu Bakar Sidiq memiliki seorang pembantu yang kesehariannya bertugas menyiapkan makan dan minum. Karena sifat kehati-hatian Abu Bakar, setiap ia mau menyantap makanan ia selalu bertanya ke pembantunya itu, “Dari manakah makanan ini didapatkan?”.

Pada suatu hari,  saat Abu Bakar berbuka puasa sunnah, ia lupa menanyakan asal usul makanan yang baru saja dimakannya. Ia baru ingat setelah semua makanan berada dalam perutnya. Karuan, langsung saja ia menanyakan kepada pembantunya, “Dari mana makanan ini ?”. Si pembantupun menjawab, “Tadi pagi kebetulan saya bermain-main ke pasar dan bertemu pasien lama sayaKarena saya pernah membantu meramal dia dan hasilnya manjur, dia memberikan saya hadiah berupa makanan ini”.

(more…)

Hartamu, Tanggung Jawabmu

BekerjaDalam ajaran islam seseorang dengan apa yang dimilikinya akan dipertanyakan Alloh SWT di akhirat kelak. Manusia tidak akan bergeser dari tempatnya di hari qiamat sampai ia ditanya 4 perkara. Salah satu perkara yang ditanyakan itu ialah dari mana harta diperoleh dan ke mana harta itu digunakan.

(more…)

Carilah Rizki dengan Jalan yang Halal

halalAlloh SWT  memberi kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal sholeh bahwa ia akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan ganjaran yang lebih baik di akhirat, sebagaimana tertuang dalam QS An-Nahl 97:
” Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan  Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.
Sejumlah ahli tafsir menjelaskan bahwa kehidupan yang baik itu adalah mendapatkan rizki yang halal dan baik, atau hidup merasa cukup dengan rizki yang ada.  Sementara Ibnu Abbas menafsirkan yakni kebahagiaan hidup dengan rizki halal dan baik serta  merasa kenikmatan dalam beribadah. Hal ini berbeda dengan orang kafir, dimana amal baik yang dilakukannya hanya akan mendapatkan pahala di dunia saja,  sedangkan di akhirat kelak dia tidak mendapatkannya.
Terkait dengan rizki, menjadi keyakinan bagi kita sebagai orang yang beriman, bahwa sesungguhnya  rizki setiap makhluk sudah ditentukan oleh Alloh SWT, sehingga tidak ada yang mampu menahannya. Alloh SWT telah menetapkan taqdir termasuk rizki setiap hambanya 50 ribu tahun sebelum alam semesta ditetapkan. Pada bulan ke-4 dalam kandungan,  Alloh SWT memerintahkan malaikat untuk menentukan 4 hal kepada setiap manusia, termasuk salah satunya adalah rizki.
Alangkah buruknya bagi kita, jika dalam mencari rizki dilalui dengan jalan yang dimurkai Alloh SWT, syirik dan maksiat. Nabi Muhammad berpesan dalam haditsnya,  “Wahai manusia, bertaqwalah kepada Alloh SWT dan carilah rizki dengan jalan yang halal, sesungguhnya sesorang tidak akan dimatikan sebelum didapatkan rizkinya”.
Namun, meskipun Alloh SWT telah menetapkan rizki tersebut, tetapi Dia tidak menerangkan ukurannya.  Sehingga menjadi kewajiban bagi kita untuk berlomba-lomba mencari rizki dengan cari baik dan halal, agar mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.
“Dikutip dari Khutbah Jum’at, tgl 24 April 2009, di Mesjid Toyota-Astra Motor”