Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Isra Mi’raj’


Memetik Hikmah Peristiwa Isra dan Mi'raj (2)

mesjid aqsoMelanjutkan artikel sebelumnya mengenai Hikmah peristiwa Isra dan Mi’raj, berikut lanjutan penjelasan untuk menambah pengetahuan kita.  Beberapa hikmah dari peristiwa Isra dan Mi’raj adalah sebagai berikut: 

1. Dakwah Islam Bersifat Global

Perjalanan rosululloh saw melintasi mesjid Haram di Mekah dan mesjid Aqso di palestina mengindikasikan bahwa beliau sebagai pemimpin global (internasional), karena sejak jaman dahulu Baitul Maqdis (Palestina) merupakan pusat kekuasaan yahudi dan jajahan romawi (kristen). Di dunia ini pada dasarnya hanya terdapat tiga agama, yakni Islam, ahli kitab, dan agama syirik.  Ahli kitab mayoritas berkumpul di eropa, agama syirik berkumpul di Jepang, China, dan India, sementara agama islam tersebar di mana-mana.

(more…)

Memahami Peristiwa Isra Mi'raj melalui Pendekatan Iman

hikmah isra mirajSalah satu peristiwa besar dalam perjalanan dakwah nabi Muhammad saw adalah Isra dan Mi’raj. Isra berupa perjalanan dari mesjid haram Mekah ke masjid Aqsa Palestina, sedangkan mi’raj perjalanan dari mesjid aqsa ke sidratulmuntaha.

Sejak peristiwa ini diceritakan oleh nabi keesok harinya disikapi berbeda oleh umat manusia. Ada yang yakin sepenuhnya dan ada juga yang sebaliknya (ingkar).

Sebagai seorang muslim yang beriman, keyakinan terhadap peristiwa ini harus dipahami melalui pahamanan al-Qu’ran sebagai petunjuk yang mutlak kebenarannya.  Bagaimana al-Qur’an menggambarkan secara utuh peristiwa ini?

(more…)

Memetik Hikmah Peristiwa Isra dan Mi'raj

hikmah isra miraj2Di bulan rajab ini, terdapat peristiwa besar dalam kalender islam yaitu Isra dan Mi’raj. Suatu perjalanan nabi Muhammad di malam hari dari mesjid Haram di Mekkah ke mesjid Aqso di Palestina, serta naik menuju langit ketujuh sidrotul muntaha. Peristiwa ini dilukiskan dalam al-Qur’an QS al-Isra 1 dan An-Najm.

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

(more…)